Selasa, 09 November 2010

Makanan Pengganti Beras

kenapa orang indonesia masih mengandalkan dan membiasakan diri makan nasi?
padahal masih banyak sumber makanan pokok lain yang bisa dimanfaatkan sebagai mekanan pengganti beras dan mudah dalam produksi serta penanamannya. lihat saja singkong yang berlimpah dan mudah ditanam serta harganya yang murah meriah. beras yang jumlahnya terbatas serta sulit untuk diproduksi menyebabkan harganya kian lama kian kian melambung naik seirama dengan pertambahan jumlah penduduk dan kebiasaan pola makan masyarakat yang tidak mengalami perubahan.
sebaiknya kita jangan terlalu membiasakan diri dan bergantung pada satu jenis makanan pokok saja. kita harus membuat menu makan kita berbeda-beda dengan berbagai metode penyajian / resep. jadi ketika beras langka dan menjadi mahal masih ada penggantinya.
Dan berikut makanan yang bisa di jadikan pengganti nasi :

1. Sagu
Sagu adalah butiran atau tepung yang diperoleh dari teras batang pohon sagu atau rumbia (Metroxylon sago Rottb). Makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua ini biasa dimakan dalam bentuk papeda (semacam bubur). Sagu sendiri juga dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Saat ini banyak juga loh Moms, mie yang diolah dari sagu.Seratus gram sagu kering setara dengan 355 kalori. Di mana di dalamnya rata-rata terkandung 94 gram karbohidrat, 0.2 gram protein, 0.5 gram serat, 10 mg kalsium, 1.2mg besi, dan lemak, karoten, tiamin, dan asam askorbat dalam jumlah sangat kecil.
2. Gandum

Gandum merupakan makanan pokok manusia, pakan ternak dan bahan industri yang mempergunakan karbohidrat sebagai bahan baku . Gandum dapat diklasifikasikan berdasarkan tekstur biji gandum (kernel), warna kulit biji (bran), dan musim tanam. Berdasarkan tekstur kernel, gandum diklasifikasikan menjadi hard, soft, dan durum. Sementara itu berdasarkan warna bran, gandum diklasifikasikan menjadi red (merah) dan white (putih). Untuk musim tanam, gandum dibagi menjadi winter (musim dingin) dan spring (musim semi). Namun, secara umum gandum diklasifikasikan menjadi hard wheat, soft wheat dan durum wheat.


T. aestivum (hard wheat)

T. aestivum adalah spesies gandum yang paling banyak ditanam di dunia dan banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti karena mempunyai kadar protein yang tinggi. Gandum ini mempunyai ciri-ciri kulit luar berwarna coklat, bijinya keras, dan berdaya serap air tinggi. Setiap bulir terdiri dari dua sampai lima butir gabah.
T. compactum (soft wheat)
T. compactum merupakan spesies yang berbeda dan hanya sedikit ditanam. Setiap bulirnya terdiri dari tiga sampai lima buah, berwarna putih sampai merah, bijinya lunak, berdaya serap air rendah dan berkadar protein rendah. Jenis gandum ini biasanya digunakan untuk membuat biskuit dan kadang-kadang membuat roti.
T. durum (durum wheat)
T. durum merupakan jenis gandum yang khusus. Ciri dari gandum ini ialah bagian dalam (endosperma) yang berwarna kuning, bukan putih, seperti jenis gandum pada umumnya dan memiliki biji yang lebih keras, serta memiliki kulit yang berwarna coklat. Gandum jenis ini digunakan untuk membuat produk-produk pasta, seperti makaroni, spageti, dan produk pasta lainnya.
3.Kentang
Kentang merupakan lima kelompok besar makanan pokok dunia selain gandum, jagung, beras, dan terigu. Bagian utama kentang yang menjadi bahan makanan adalah umbi, yang merupakan sumber karbohidrat, dengan vitamin dan mineral cukup tinggi.Kandungan gizi dalam 100 gr kentang antara lain: protein 2 gr, lemak 0,3 gr, karbohidrat 19,10 gr, kalsium 11 mg, fosfor 56 mg, serat 0,3 gr, besi 0,3 mg, vitamin B1 0.09 mg, vitamin B2 0,03 mg, vitamin C 16,00 mg, dan niacin 1,40 mg.


 4. Jagung

Makanan pokok alternantif warga Madura, Nusa Tenggara bahkan juga warga Amerika Serikat ini juga kaya akan gizi. Tak heran bonggol berambut merah ini juga diminati anak-anak. Kandungan gizi dalam tiap biji jagung adalah: energi 150 kal, protein 1,6 g, lemak 0,6 g, kalsium 11 mg, dan karbohidrat 11,40 g.






5. Singkong 

Nah, yang ini pasti anda sudah tidak asing lagi bukan? Selain merupakan sumber karbohidrat kompleks, ubi juga mengandung beberapa kandungan vitamin dan mineral lain yang sangat diperlukan tubuh. Kalau tidak salah, ubi mengandung karoten yang sangat diperlukan untuk kesehatan mata. Untuk lebih jelas akan kandungan sehat lain yang ubi miliki mungkin ada baiknya anda cek dulu dengan referensi yang ada.
Siapa suka makan singkong? Makan singkong juga bisa menggantikan nasi. Kandungan karbohidrat dalam singkong juga cocok untuk tubuh manusia yang melakukan berbagai kegiatan.
Namun, memang tidak semua daerah bisa ditumbuhi singkong. Di daerah Gunung Kidul , Yogyakarta, misalnya, ternyata tanaman singkong tumbuh subur di sana.
Singkong itu lezat. Bisa digoreng atau direbus. Nah, dibuat kripik pun jadi. Dan ketahuilah singkong bisa disulap menjadi tiwul yang cukup bergizi.
Singkong pun menjadi makanan utama di daerah Gunung Kidul. Sayang, kedudukan singkong mulai bergeser karena penduduk sudah mulai terbiasa makan nasi yang didatangkan ke daerah itu.


Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Kabar Dadakan 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all